Friday, May 24, 2013

kesalahan ada baiknya



Kesalahan Ada Baiknya




 




“Pengalaman adalah nama yang kita berikan untuk kesalahan kita”




Itulah ungkapan Oscar Wilde (1854-1900) ..




Sejauh ini sabagian beesar orang memandang kesalahan sebagai pertanda kegagalan.Dan dalam masyarakat yang semakin kompetetif dan penuh prokonta ini, kegagalan adalah kehinaan yang amat sangat. Tapi jika anda ingin memaksimalkan kekuatan otak, maka anda harus mulai memandang kesalahan sebagai suatu pelajaran daripada memandangnya sebagai hal yang memalukan. Karena kesalahan adalah bahan mentah unntuk pembelajaran.




Sebagai mana kita tahu , untuk merespon kesalahan dengan baik, anda harus bisa mengenali kesalahan itu ,merenungkannya , kemudian mengatur apa yang anda lakukan selanjutnya. Jika anda dapat melakukannya terus menerus , maka kesalahan akan mulai mempunyai nilai untuk anda.




Sebenarnya , agar kreatifitas meningakat, anda harus mengambil resiko dan mencoba banyak hal.  Tentu saja tidak semua ‘percobaan’ itu berhasil. Jika anda terlalu berhati-hati melakukan hal ini di luar zona Aman anda, maka terkadang anda gagal. Jadi, jka kegagalan menjadi bagian tak terhitung dalam hidup Anda untu menantang diri sendiri , maka anda akan berani gagal – anda belajar dari kegagalan dan memutuskan untuk melakukan hal berbeda di lain waktu.




Ada beberapa langkah untuk latihan belajar dari keslahan dan cobalah latihan ini ,




  Jika anda membuat kesalahan lagi , cobalah rumus LEARN (belajar)  yang saya buat berikut ini :




Latihan 1 Belajar Dari Kesalahan




· Dengarkanlah (listen) perkataan orang-orang disekitar anda. Cobalah untuk membela diri dan lihatlah diri Anda seperti orang lain melihat anda.




· Evaluailah (evaluate) apa yang telah terjadi. Mengapa kesalahan bisa terjadi ? hal lain apa yang telah anda lakukan ?




· Akui (acknowledge) kesalahan anda. Memiliki keberanain untuk mengakui kesalahan adalah bukti kekuatan .




· Ingatlah (remember) apa yang telah anda lakukan. Jika anda melakukan usaha yang sadar untuk mengingat kesalahan, maka kecil kemungkinan anda akan mengulanginya.




· Jangan pernah menyalahkan (never blame) orang lain. Sebaliknya , cobalah memikirkan tindakan anda selanjutnya.




 




Latihan 2 Belajar dari kesuksesan




  Anda tidak hanya belajar dari kesalahan, anda pun dapat belajar dari kesuksesan. Jadi biasakanlah memperhatikan pengalaman baik, seperti waktu tidur seorang anak yang lambat laun tidak seperti biasanya atau negosiasi cerdik yang menguntungkan anda. Cobalah pula menuliskan satu hal penting di penghujung hari dan alasan anda menuliskannya. Bertanyalah pada teman, keluarga ,dan rekan anda untuk membantu anda dengan cara memberikan respon yang teratur. Cara ini akan membantu anda mengenali factor umum pemicu kesuksesan ,dan membuat anda waspada terhadap pengalaman buruk.




 




Nah itu dia sedikit ulasan tentang kesalahan ..




Maka dri itu jgn lah berkecil hati karena kesalahan kita sendiri .. dibalik kesalahan teletak jejak KEBERHASILAN .




Saat saya mengerjakan sesuatu dan hasilnya nihil atau salah saya terus mencobanya sampai ke 99 kali dan percobaan itu salah semua lalu saya mencobanya lagi utk yang keseratus kalinya dan akhirnya itulah hasil yg saya harapkan ..




“Selesaikanlah semua masalah anda walaupun sesuilit apapun itu”




 




Kesimpulannya KESALAHAN bukanlah hal utk ditakuti tetapi utk DIPELAJARI.




 




Posted by :R Vhinz Valentine

No comments:

Post a Comment